. Kalender Puasa Sunnah Selama Setahun 2013

Daftar semua artikel Kang santri blog

----------------------------------------------NEW POSTING---------------------------------------

Jumat, 07 Desember 2012

Kalender Puasa Sunnah Selama Setahun 2013

Alhamdulillah, segala puji bagi alloh SWT yang telah mengaruniakan nikmat yang melimpah dan tiada terhitung ini, terlebih nikmat islam, iman, dan kesehatan. Sehingga alangkah baiknya kita mensyukuri nikmat kesehatan ini yaitu dengan kita mendayagunakan segala kemampuan yang telah robb berikan ini untuk hal2 positif dan bermanfaat.
     Dengan mengusung semangat [indahnya berbagi] maka kali ini kami kang santri crew akan berbagi file kepada sedulur2 semua para akang2 & mbak2 santri, maupun kepada siapa saja khususnya warga yang berdomisili di kota batam.
      Meski ditengah tengah kesibukan yang menumpuk ini, mengingat sekarang sudah berada di penghujung tahun 2012, maka kesempatan liburan madrasah yang hanya 2 hari ini tidak kami lewatkan begitu saja tanpa mengukirkan karya, akhirnya kang santri crew mempunyai ide untuk membuat Kalender Puasa Sunnah Selama Setahun 2013 dalam satu paket 12 bulan yang dituangkan dalam 1 lembar kertas ukuran A4, dan akhirnya terlaksana juga dengan lancar.agar nantinya bisa di pergunakan untuk mengetahui kapan waktu2 puasa sunnah harus dilakukan dan juga bisa ditempel di musholla2, PT - PT, masjid, dormitori, rumah dll.
      Nah langsung saja bagi siapapun yang ingin mengunduhnya , dan selanjutnya bisa di print. silahkan di unduh di bawah ini FREE :

1) File berformat Pdf
2) File berformat Jpg
Berikut daftar puasa sunnah yang disertakan pada kalender puasa sunnah 2013:
  • Puasa 3 hari pertengahan bulan Hijriyah
    Puasa pada pertengahan bulan Hijriyah sekitar tanggal 13,14,15 setiap bulannya. Muadzah bertanya pada ‘Aisyah; “Apakah Rasulullah saw berpuasa tiga hari setiap bulannya?” Aisyah menjawab; “Iya” Muadzah lalu bertanya,”Pada hari apa beliau melakukan puasa tersebut?” Aisyah menjawab;”Beliau tidak peduli pada hari apa beliau puasa (artinya semau beliau).” (HR. Tirmidzi no 763 dan Ibnu Majah no 1709. Shahih.) Dari Ibnu Abbas ra, beliau berkata “Rasulullah saw biasa berpuasa pada “ayyamul biidh” ketika tidak bepergian maupun ketika bersafar” (HR An Nasai no 2345. Hasan)
    Buletin At Tauhid menuliskan bahwa disebut sebagai “ayyamul biid” (ayyamul = hari, biid = putih) karena pada malam ke 13, 14 dan 15 bulan bersinar putih karena bulan purnama muncul pada waktu itu.
    Dari Abu Dzar, Rasullah saw bersabda padanya, “Jika engkau ingin berpuasa tiga hari setiap bulannya, maka berpuasalah pada tanggal 13, 14, dan 15 (dari bulan hijriyah).” (HR. Tirmidzi no 761 dan AnNasai no 2424. Hasan)
  • Puasa di Bulan Sya’ban
    Disunnahkan berpuasa pada bulan Sya’ban atau pada tanggal 21 Juni – 20 Juli 2012, Aisyah ra mengatakan “Nabi SAW tidak biasa berpuasa pada satu bulan yang lebih banyak dari bulan Sya’ban. Nabi SAW biasa berpuasa pada bulan Sya’ban seluruhnya.” (HR. Bukhari no 1970 dan Muslim no 1156) Tentang hal ini Az Zain Ibnul Munir dalam Nailul Author, Muhammad bin Ali Asy Syaukani, Idarotuh Tob’ah Al Muniroh, menerangkan bahwa yang dimaksud di sini adalah berpuasa pada mayoritas harinya (bukan seluruh harinya).
  • Puasa Enam Hari di bulan syawal
    Puasa pada tanggal 2-6 Syawwal atau 20-25 Agustus 2012, Nabi saw bersaabda “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan syawal, maka dia seperti berpuasa setahun penuh” (HR. Muslim no 1164)
  • Puasa di Awal bulan Dzulhijjah
    Puasa pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah atau pada tanggal 17 – 26 Oktober 2012. Dari Ibnu Abbas, Rasulullah saw bersabda “Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzul Hijjah).” Para sahabat bertanya: “tidak pula jihad di jalan Allah?” Nabi saw menjawab:”Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun.” (HR Abu Daud no 2438, At Tirmidzi no 757, Ibnu Majah no 1727, dan Ahmad no 1968. Shahih).
  • Puasa Arofah
    puasa pada tanggal 9 Dzulhijjah atau pada tanggal 25 Oktober 2012. Nabi saw ditanya mengenai keutamaan puasa Arofah, beliau menjawab,”Puasa Arofah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa Asyura, Beliau menjawab,”Puasa Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu” (HR. Muslim no 1162).
    Untuk puasa Arofah hanya dianjurkan bagi kaum muslim yang tidak melaksanakan ibadah haji.
  • Puasa Tasu’a
    Puasa pada tanggal 9 Muharram atau bertepatan pada tanggal 23 Nopember 2012, dalil puasa tasu’a adalah:
    Dari Ibnu Abbas -radhiyallahu ‘anhu- beliau berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Apabila (usia)ku sampai tahun depan, maka aku akan berpuasa pada (hari) kesembilan” (HR. Muslim).
  • Puasa Asyura
    Puasa pada tanggal 10 Muharram atau pada tanggal 24 Nopember 2012, dalil puasa Asyura:
    Nabi saw bersabda “puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah – Muharram. Sementara shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam. (HR. Muslim no 1163)
  • Maaf...Untuk puasa sunnah yang tidak tercantum disini silahkan ditambahi sendiri, kami menyadari kalender ini masih jauh dari sempurna/komplit.
Terima kasih atas kunjungannya, bila anda puas maka tinggalkan pesan di kotak komentar di bawah ini. sekian smoga bermanfaat  [Indahnya Berbagi] jangan lupa juga di share linknya ke teman2 yang lain agar semua ikut menikmatinya.
    Salam ukhuwah dari :Kang santri

3 komentar:

By @dmin mengatakan...

alhamdulillah....moga manfaat sob

Anonim mengatakan...

link_nya kok ke facebook ya?

teTuku mengatakan...

Jadwal puasa ramadhan 1434H / 2013M
Saya kasih versi corel gan. siap cetak/print, desain kayak gini:
https://picasaweb.google.com/lh/photo/GrcZG2UKJSEGfjfMHqBMPtMTjNZETYmyPJy0liipFm0?feat=directlink

lokasi download:
http://upload.ugm.ac.id/501jadwal%20puasa.zip

Poskan Komentar

Salah satu terobosan dari Kang santri mempersembahkan
 

Mengenai kami

Foto Saya
Kang santri
*"PESANTREN adalah sebuah subkultur, atau kampung peradaban, yang sangat potensial dikembangkan menjadi tidak hanya sebagai benteng resistensi nilai-nilai destruktif era global, tapi bahkan sangat potensial menjadi basis ekspansi transvormatif nilai-nilai keIslaman, keIndonesiaan dan kemanusiaan. Sebagai indigenous, pesantren bahkan cukup representatif digagas menjadi pusat peradaban Muslim di Indonesia. *"SANTRI, secara basic pendidikan, adalah akademisi paling qualified untuk diberdayakan menjadi manusia-manusia sejarah yang arif terhadap tradisi dan masa lalu, serta tidak skeptis dan melarikan diri dari kenyataan modernitas, tapi berani dan sanggup tampil di garda terdepan memimpin modernitas yang berperadaban dan berakhlakul karimah dalam keseharian.
Lihat profil lengkapku

Berlangganan artikel

Bila menyukai artikel kami, gratis berlangganan via RSS FEED
Follow Readers
Daftarkan email dibawah ini

Para fans

Copyright © 2011 Free Blogger Template powered by Blogger.com | Designed by Amatullah |Template Design| Editing by Kang santri All rights reserved